Rumba Undang Perwakilan UTAS ke Aceh

Rumoh Bahasa (Rumba) bekerjasama dengan MBAPratama dan University of Tasmania (UTAS), Australia mengadakan sharing session informasi beasiswa dan kesempatan studi lanjutan di Australia. Acara ini diadakan di gedung Digital Innovation Lounge (DILO) Banda Aceh, Rabu, 8 Februari 2017.

Tiga pembicara membahas berbagai informasi penting berkaitan studi di Australia. Founder & CEO Rumoh Bahasa, Dr. Iskandar Samad, MA  membahas tentang alasan para pelajar memilih Negara Australia sebagai negara target untuk melanjutkan studi. “Paling tidak ada tiga alasan kenapa Australia layak dijadikan sebagai negara target untuk melanjutkan studi. Pertama, Australia dekat dengan Indonesia. Kedua, Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pertama. Ketiga, kualitas pendidikan di negara ini sudah diakui oleh dunia.”ucapnya.

Muliono Latief, representatif UTAS mengatakan bahwa saat ini banyak sekali beasiswa yang tersedia. Kesempatan bagi aplikan untuk berkompetisi mendapatkannya. ” Beasiswa yang tersedia untuk para aplikan melanjutkan studi banyak sekali saat ini diantaranya LPDP, Dikti, Endeavour Award dan IPRS”.  Lebih lanjut dia mengatakan bahwa UTAS mempunyai program unggulan yaitu bidang kelautan dan perikanan. Muliono mengajak para aplikan dari Aceh untuk melanjutkan studi di jurusan unggulan ini.

Dari sisi lain, novelist Teuku Azhar Ibrahim, Lc, membagi pengalamannya dari sudut pandang kehidupan muslim Indonesia di Kota Melbourne, Australia. Dia mengatakan banyak di antara pelajar  muslim Indonesia lebih serius mendalami pengetahuan agamanya saat menjadi kaum minoritas. “Menjadi kaum minoritas tidak melunturkan semangat beribadah, bahkan menjadi pemicu untuk meningkatkan pengetahuan keagamaannya”, tutur Azhar.

Sekitar 50 peserta dari berbagai  instansi hadir pada sharing session ini. Mereka terlihat antusias mengikuti paparan dari tiga pembicara. Acara ini semakin hangat pada sesi tanya jawab. Banyak di antara peserta ingin tahu lebih lanjut tentang cara mendapatkan Letter of Admission (LoA) sebagai modal untuk memudahkan mereka melanjutkan studinya.

Dalam kunjungan dua hari, perwakilan UTAS mengadakan road show ke beberapa kampus dan sekolah di Banda Aceh. Sesi konsultasi program studi dan penerimaan berkas pengurusan LoA akan dibuka secara khusus di kantor pusat MBA Pratama, Australian Education Consultant, yang beralamat di komplek Rumoh Bahasa, Jl. Makam T Nyak Arief Lr 3, Lamnyong, Banda Aceh, Kamis, 9 Februari 2017 pukul 17:00 – 18:00 WIB.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama yang baik lintas komunitas yang ada di Banda Aceh, di antaranya, The Frazi Foundation, Forum Kolaborasi Komunitas Aceh, DILO, Generasi Aceh Gemilang, Aceh Gemilang.com, dan acehshop.com.  “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang baik lintas komunitas di Banda Aceh sehingga acara ini berjalan dengan baik. Acara sharing session ini seyogyanya bisa terus diselenggarakan oleh anak muda Aceh supaya lebih banyak lagi anak muda Aceh berkesempatan mendapatkan beasiswa studi ke luar negeri” tutup Iskandar.